Thursday 3 December 2015

RESEP MASAKAN TEUPHEP KARENG KHAS ACEH


Assalamu’alaikum....
Berbicara masakan teuphep, ini merupakan salah satu masakan Aceh favorit saya. Dikatakan teuphep mungkin karena masakan ini tidak terlalu berkuah, sehingga kesannya seperti basah-basah gitu. Sedangkan kareng adalah sejenis ikan kecil-kecil (ikan bileh = dalam bahasa Aceh) yang telah dikeringkan. Sebenarnya, resep masakan ini hampir sama dengan masakan kuah teucrah yang pernah saya posting beberapa waktu yang lalu. Hanya saja, masakan ini menggunakan santan sehingga rasanya ada gurih-gurihnya. Sama juga dengan masakan-masakan khas Aceh lainnya, masakan ini merupakan yang sering disajikan sehari-hari.
Berikut resep membuat masakan teuphep kareng khas Aceh :

Bahan-bahan :
½ kg
ikan kareng
5 buah
cabai merah keriting untuk bumbu halus
3 buah
cabai merah keriting untuk dipotong
5 buah
kentang
5 buah
cabai rawit
4 buah
bawang merah
3 siung
bawang putih
5 buah
3 cm
kunyit
3 cm
jahe
5 buah
belimbing wuluh
1 gelas sedang
pati santan dari ½ buah kelapa
secukupnya
garam
3 sdm
minyak goreng
1 tangkai
daun teumeurui (daun kari)

Cara memasak :
Bersihkan terlebih dahulu ikan kareng-nya dengan air dan sisihkan ke dalam wadah. Kemudian potong-potong bagian luar belimbing wuluh, tidak termasuk bijinya, dan masukkan ke wadah yang berisi kareng. Terus, kuliti kentang dan besihkan dengan air, lalu potong-potong dan masukkan ke wadah tadi. Masukkan juga cabai merah keriting yang dipotong-potong miring, 1 buah rajangan bawang merah, serta masukkan daun kari dan taburi garam.
Haluskan bumbu seperti cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, asam sunti, kunyit dan jahe. Sisihkan ke wadah terpisah.
Panasnya minyak dalam wajan dengan api sedang, lalu tumis bahan-bahan pertama. Jika sudah layu dan harum, masukkan bumbu halus. Jika sudah meletup masukkan santan. masukkan juga garam dan cicipi. Masak hingga kuahnya menyusup atau agak basah-basah. Lalu angkat dan sajikan.


Selamat mencoba....!!!

0 comments:

Post a Comment