Sunday 15 November 2015

RESEP KUAH LEUMAK ISI TEMPE



Kuah leumak merupakan salah satu kuah pendamping nasi yang kaya akan kandungan gizi, karena selain menggunakan sayuran di dalamnya, kadangkala masyarakat Aceh juga menggunakan ikan, telur, pisang, maupun daging. Mengapa dikatakan kuah leumak? Mungkin kuah ini identik dengan santan, layaknya kuah-kuah lain di Aceh. Kuah leumak, selain dimasak untuk disantap bersama keluarga, umumnya dihidangkan saat acara tertentu seperti pesta pernikahan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dll. Namun, bagi masyarakat Aceh, kuah leumak adalah resep tradisional turun temurun yang juga biasanya dibawakan ke kebun dan sawah pada waktu makan siang untuk disantap melepas lelah setelah seharian bercocok tanam.
Kali ini, saya akan menunjukkan resep kuah leumak dengan isinya berupa tempe. Tidak usah tunggu lama-lama, yuk mulai resepnya!
Bahan-bahan :
-            1 petak tempe
-            1 panci kecil santan encer dari ½ kelapa
-            1 genggam tauge
-            ¼ buah air perasan jeruk nipis
-            4 buah belimbing wuluh
-            1 batang bawang prei (bawang daun)
-            2 batang sereh
-            Garam secukupnya
-            3 buah cabai rawit putih
-            10 buah cabai rawit kecil
-            3 buah cabai merah besar
-            4 buah asam sunti
-            1 ruas kunyit
-            3 siung bawang putih
-            2 buah bawang merah
-            1 sdt ketumbar

Cara membuat :
-           Potong-potong tempe sesuai selera, potong bagian luar belimbing wuluh, potong-           potong bawang prei, potong-potong cabai rawit putih, perasan jeruk nipis, tauge,             dan sereh, sisihkan ke dalam wajan.
-            Haluskan cabai rawit kecil, cabai besar, asam sunti, kunyit, bawang merah, bawang        putih, dan ketumbar, masukkan ke dalam wajan.
-            Masukkan santan ke dalam wajan dan aduk-aduk.
-            Taruh wajan di atas api sedang, tunggu hingga mendidih, masukkan garam.
-            Sajikan dengan nasi panas dan ikan asin.

1 comment:

  1. How to bet on sports in NJ | DraftKings | Drmcd
    › how-to-bet-on-sports- › how-to-bet-on-sports- How to bet on sports in 하남 출장마사지 NJ · Learn how to 양주 출장샵 gamble at DraftKings online sportsbook. · Learn 천안 출장마사지 how to bet on all sports in 사천 출장샵 NJ. · 김포 출장샵 Choose the

    ReplyDelete